Kembali Berita

Panduan: Cara Menghitung Ukuran Lift yang Baik dan Benar

13 February 2023

Lift telah memudahkan aktivitas kita dalam segala hal. Kita bisa naik ke gedung tinggi hingga membawa suatu barang tanpa perlu kesusahan seperti zaman dulu. Biasanya dalam sebuah bangunan, ukuran lift ini sudah dihitung sedemikian rupa supaya sesuai dengan desain bangunan tersebut dan pastinya aman digunakan.

 

Pihak pabrik atau perancang lift mempunyai panduan ukuran sendiri yang wajib dipahami. Sebagai pemilik gedung tinggi yang ingin memakai lift sebagai sarana, Anda harus paham bagaimana menghitung ukuran dari lift ketika akan dipasang.

 

Sedang mencari lift rumah yang bagus dan berkualitas? Hubungi kami di 08119219888

 

Bagaimana Cara yang Tepat Menghitung Ukuran Lift?

Ada beberapa hal yang harus sangat diperhatikan untuk mendapatkan ruang lift yang sesuai ukuran. Berikut ini penjelasannya!

 

1. Ukuran Ruang Mesin

Biasanya untuk ukuran ruang mesin panjang dan lebarnya harus lebih dari panjang dan lebar yang dimiliki oleh Hoistway. Ada alasan khusus mengapa hal ini terjadi, karena demi mempermudah para teknisi ketika mereka akan melakukan pemeliharaan dan service pada motor mesin lift.

 

Namun, karena pengerjaannya tidak semudah itu, terutama bagi bagian konstruksi maka kebanyakan ruang mesin ini akan dibuat sama ukurannya dengan hoistway. Jadi, Anda bisa mendapatkan ukuran yang sesuai sekaligus tidak mempersulit bagian konstruksi-nya.

 

2. Top Overhead

Berikutnya dalam pandangan menghitung ukuran dari lift, yang harus diperhatikan adalah Top Overhead alias TOH. Ini merupakan ukuran dari jarak lantai yang paling atas dengan lantai ruang mesin (plafon hoistway). Jika Anda ingin TOH yang tinggi, maka plafon hoistway ini juga harus dibuat lebih tinggi lagi ukurannya.

 

3. Ukuran Hoistway

Anda harus ingat bahwa semakin besar ukuran hoistway, maka semakin sedikit pula ruang yang digunakan oleh gedung. Anda harus berkonsultasi dengan vendor lift tentang hal ini dan jangan mengambil keputusan sendiri mengenai ukurannya. Karena beberapa vendor lift menetapkan ukuran tertentu yang sesuai standar mereka.

 

4. Ukuran Kabin

Kabin juga salah satu komponen paling penting dalam sebuah lift. Tak sedikit pemilik gedung yang ingin ukuran kabin lift mereka sama luasnya dengan ukuran hoistway, tapi hal itu tidak bisa dilakukan. Karena kabin yang luas hanya akan membuat kelebihan kapasitas yang menjadikan lift rentan kecelakaan.

 

Biasanya para vendor lift akan mengubah panjang dan lebar kabinnya, sementara untuk luasan total tentu saja disesuaikan dengan standar yang mereka punya.

 

5. Bagian Kedalaman Pit

Ukuran kedalaman pit juga mesti diperhatikan dengan seksama, karena dengan ukuran yang sesuai maka teknisi akan lebih mudah untuk melakukan pemeliharaan. Jika Anda ingin ukuran pit yang dalam maka sebaiknya terdapat tangga yang membuat teknisi tak kesulitan jika ada masalah yang terjadi.

 

Biasanya yang sering menjadi masalah adalah rembesan dari air tanah. Perlu Anda ketahui juga bahwa pit yang dibuat semakin dalam, maka akan semakin besar juga biaya yang dikeluarkan oleh pemilik gedung. Jadi Anda sebaiknya melakukan konsultasi terlebih dahulu seperti apa baiknya yang harus dilakukan dengan para vendor lift tersebut.

 

Untuk masalah lift, Anda bisa mencari berbagai informasi bahkan berkonsultasi melalui website http://www.csaccess.co.id/. Dengan mempunyai informasi yang jelas dan lengkap, pastinya akan lebih mudah untuk meminimalisir biaya dan hal-hal lainnya.

 

Memang wajib untuk mengetahui seluk beluk tentang ukuran lift dan sebagainya jika Anda berencana untuk membuat gedung yang tinggi. Walau sudah ada pekerja yang melakukan itu, tapi sebagai pemilik gedung Anda juga tidak boleh abai karena bagaimanapun tetap saja itu demi keselamatan orang lain juga.

 

BACA JUGA: Ternyata Ini Alasan Mengapa di Lift Ada Cermin?

Berita Lainnya
CSAccess Technology Indonesia hadirkan produk-produk lift tangga, lift rumah, dan lift platform yang aman, nyaman, serta berkualitas dengan standardisasi Eropa.